Senin, 09 November 2009

PERKEMBANGAN INDIVIDU

1. Pengertian perkembangan

Perkembangan adalah bertambahnya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola teratur dan dapat diramalkan sebagai hasil proses pematangan. Perkembangan menyangkut adanya proses pematangan.sel-sel tubuh, jaringan tubuh, organ-organ dan sistem organ yang berkembang sedemikian rupa, sehingga masing-masing dapat memenuhi fungsinya termasuk juga emosi, intelektual dan tingkah laku sebagai hasil interaksi dengan lingkungan. (Soetjiningsih, 1988).

2. Perbedaan dan persamaan antara Pertumbuhan, Kematangan, Belajar, Latihan dan kaitannya dengan perkembangan.

Pengertian

Pertumbuhan (Growth) adalah berkaitan dengan masalah perubahan dalam besar, jumlah, ukuran atau dimensi tingkat sel organ maupun individu yang bisa diukur dengan berat, ukuran panjang, umur tulang dan keseimbangan metabolic (Soetjiningsih, 1988).
Kematangan (Maturation) adalah kemampuan untuk mengendalikan diri (self control) dan tidak mudah terpancing oleh reaksi yang provokatif.
Belajar (Learning) adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.
Latihan (Exercise) adalah segala daya dan upaya untuk meningkatkan secara menyeluruh kondisi fisik dengan proses yang sistematis dan berulang-ulang dengan kian hari kian bertambah jumlah beban, waktu atau intensitasnya.
Perbedaan

Pertumbuhan merupakan perubahan yang terjadi pada segi fisik (perubahan besar, jumlah dan ukuran), sedangkan kematangan merupakan perubahan yang terjadi pada segi psikisnya, yaitu perubahan yang menuju ke arah kematangan berpikir agar dapat mengendalikan dirinya sendiri (self control). Pertumbuhan dan kematangan akan terjadi tergantung bagaimana cara kita menjalani kehidupan, misalnya bagaimana kita bergaul dengan lingkungan. Sedangkan latihan dan belajar akan terjadi jika kita mempunyai keinginan untuk melakukannya.

Persamaan

Pertumbuhan, kematangan, belajar, latihan adalah suatu proses perubahan menuju ke arah kedewasaan agar menjadi individu yang sempurna.

Kaitannya dengan perkembangan

Pertumbuhan, kematangan, belajar, latihan merupakan bagian dari proses perkembangan individu.


DAFTAR PUSTAKA

http://creasoft.files.wordpress.com/2008/04/kep_tumbang.pdf

http://indosdm.com/kamus-kompetensi-kematangan-pribadi-maturity

http://indramunawar.blogspot.com/2009/06/pengertian-belajar.html

http://www.kesad.mil.id/index.php?option=com_content&view=article&id=82%3Apembinaan-jasmani-militer&catid=34%3Aartikel&Itemid=60&limitstart=3

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com