Senin, 09 November 2009

Awal masuk PPB

Saya ingin berbagi cerita kepada anda mengapa saya memilih untuk berkuliah pada prodi BK. Pada waktu saya SMA sebenarnya saya tidak minat masuk ke prodi BK. Pada awalnya saya hanya ingin masuk jurusan teknik karena selain sebagian cucu dari nenek saya masuk teknik, saya juga tidak berminat menjadi guru. Kalaupun harus jadi guru, saya ingin menjadi guru Olahraga atau guru BK. Karena selain saya tidak bisa mengajarkan pelajaran kepada orang lain saya juga memiliki persepsi bahwa guru BK dan guru Olahraga paling sedikit masuk kelas sehingga jarang mengajar. Tetapi seiring waktu berjalan, banyak yang memberikan masukkan dari sana sini yang pada intinya sebagian besar masukan itu menganjurkan saya masuk ke pendidikan. Termasuk orang tua saya juga menyarankan saya masuk ke pendidikan. Pada saat itu saya mulai berpikir tentang masa depan saya ke depan. “Mau jadi apa saya nanti ?” Hal itulah yang terus saya pikirkan secara matang – matang. Sampai akhirya saya memutuskan untuk masuk ke pendidikan mengikuti saran orang tua dan orang – orang di sekitar saya. mungkin ada orang yang bertanya mengapa saya berpikir untuk masuk ke pendidikan? Perlu sahabat ketahui bahwa prinsip yang saya pegang adalah apa yang dikatakan oleh orang tua terutama ibu, itulah yang akan diridhoi ALLAH. Itu hak sahabat untuk percaya atau tidak. Tapi saya sudah pernah membuktikannya sendiri. Setelah saya sudah bertekat akan masuuk ke pendidikan saya berpikir akan masuk pendidikan apa saya nanti. Orang tua menyarankan untuk masuk ke BK karena orang tua tahu jika ke depannya jurusan BK akan sangat diperlukan. Hal itu dibuktikan dengan adanya pengangkatan CPNS di kabupaten Cilacap yang mengangkat guru BK lebih banyak dari guru yang lainnya. Akhirnya saya memutuskan untuk masuk ke prodi BK dan mulai mencari informasi tentang prodi tersebut. Setelah sedikit banyak mengetahui tentang BK, saya mulai menyukai jurusan tersebut. Ternyata banyak sekali sisi positif yang didapat dari mempelajari pendidikan BK. Contohnya, kita bisa membantu mencarikan jalan keluar bagi orang yang memiliki masalah baik masalah lahiriah dan batiniah. Kemudian saya mencoba mencari sebuah perguruan tinggi sebagai tempat peraduan ilmu saya. Akhirnya saya memutuskan untuk masuk ke UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA. Sebuah universitas yang tidak begitu diketahui oleh orang. Terutama orang daerah Jawa Tengah. Khususnya Cilacap. Tapi hal itu tidak menyurutkan langkah saya untuk mendaftar di UPI (begitu singkatannya). Saya masuk ke UPI ini melalui jalur UM (ujian masuk) dan Alhamdulillah akhirnya saya diterima sebagai mahasiswa di Universitas Pendidikan Indonesia Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Program Studi Bimbingan dan Konseling. Saat ini saya sedang menjalani kuliah di kampus UPI ini. Ya, walaupun masih dikatakan mahasiswa baru, saya sudah sedikit banyak tahu tentang UPI dan BK itu sendiri. Berbicara masalah BK, terkadang saya masih heran dengan orang yang memandang BK itu prodi yang tidak meyakinkan. Tapi itu semua tidak saya jadikan hal yang mematahkan semangat saya. malah saya semakin bersemangat dengan paradigma tersebut. Saya ingin membutikan kepada orang – orang tersebut bahwa mahasiswa BK tidak seperti apa yang mereka pikirkan. Mahasiswa BK juga bisa sukses. Saya orang yang akan menjadi orang itu. Amin.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com